Monday, August 3, 2009

Mari Menyambut Bulan Ramadhan

Bismillahirrahmanii rrahiim,
Assalamualaikum wR wB


Subahanallah!!!

Rasulullah saw bersabda :

حدثنا محمد بن زياد ، قال : سمعت أبا هريرة رضي الله عنه ، يقول : قال النبي صلى الله عليه وسلم : أو قال : قال أبو القاسم صلى الله عليه وسلم : " صوموا لرؤيته وأفطروا لرؤيته ، فإن غبي عليكم فأكملوا عدة شعبان ثلاثين "





Yang bermaksud :

Telah dikatakan kepada kami oleh Muhammad bin Zayyad, beliau mengatakan : Aku telah mendengar Abu Hurairah ra berkata : Telah bersabda Rasulullah saw "Berpuasalah karena melihatnya (anak bulan Ramadhan) dan berbukalah karena melihatnya (anak bulan Syawwal) dan jika kamu semua tidak dapat melihatnya maka sempurnakan bulan sya'ban tiga puluh hari". (H.R. Bukhari Muslim)

Setiap insan memiliki tamu dan mereka diwajibkan untuk memuliakan tetamunya. Adapun tamu umat ini dialah Ramadhan yang berkunjung kepada kita selama satu bulan, maka muliakanlah dia siang dan malam selama bersama kita.

Kita mestilah bersiap-siap untuk menyambut kedatangannya, agar tidak kita dianggap sebagai tuan rumah yang tidak pandai memuliakan tetamu.

Diantara persiapan-persiapan yang harus disediakan adalah seperti berikut :

Pertama : Persiapan Jasmani (tubuh badan)

Hendaklah setiap muslim memperkuat daya tahan tubuh (immune). Membiasakan dirinya untuk hidup sehat, dengan memakan makanan yang baik dan beriadah ataupun berolah raga, agar supaya ketika datangnya Ramadhan tidaklah kita sakit-sakitan sehingga tidak dapat melayan "tamu agung" itu dengan sempurna.

Kedua : Persiapan Ruhani (mental spiritual)

Disamping pentingnya persiapan tubuh badan ataupun jasmani, maka perlu jugalah bagi kita untuk membenahi persiapan ruhani. Agar ruhani ini tidak nakal disaat kehadiran "tamu agung". Maklumlah "tamu agung" ini hanya inginkan kebaikan belaka dari sang tuan rumah, dan dia tidak akan mau bersama tuan rumah yang nakal dan menggatal.

Adapun persiapan ruhani yang mesti dilaksanakan sebagaimana berikut ini :

- Berdoalah semoga Allah swt memberkati kita selama dibulan Rajab dan Sya'ban dan memohon agar disampaikan ke bulan Ramadhan.

- Berazamlah untuk dapat menjalani ibadah dan puasa di bulan Ramadhan dengan lebih baik dan sempurna.

- Memperbaiki pandangan mata yang selama ini "mungkin" hanya melihat perkara yang kurang baik. Pandangan mata itu hendaklah mula diarahkan untuk melihat kearah ayat-ayat Allah swt (al-Quran) ataupun membaca buku-buku yang berkenaan dengan tips menyambut bulan Ramadhan.

- Memperbagus pendengaran telinga yang selama ini "mungkin" hanya menyenangi gosip, cerita isapan jempol atau cerita karut. Pendengaran telinga itu hendaklah mula ditujukan kearah mendengar bacaan ayat-ayat Allah swt (al-Quran) ceramah-ceramah agama, atapun nasehat-nasehat yang baik.

Jika sudah cantik jasmani dan ruhani ini, maka insya Allah kita akan dapat melayan "tamu agung" itu dengan sempurna.

Ramadhan sebentar lagi...

Selamat menyambut bulan Ramadhan...



Wassalamualaikum wR wB


Masyhuri Masud
IIUM (MIRKH Quran Sunnah)

No comments:

Post a Comment